Tuesday 15 March 2011

Berbagi sedikit tentang TSUNAMI

Maaf kalau postingan kali ini sedikit serius dan terkesan membosankan. Bencana Alam yang menimpah Jepang beberapa hari yang lalu membuat hati saya tergugah sebagai orang kelautan untuk menulis sedikit tentang tsunami.

Apakah itu TSUNAMI ?

Istilah tsunami berasal dari bahasa Jepang. Tsu berarti "pelabuhan", dan nami berarti "gelombang", sehingga tsunami dapat diartikan sebagai "gelombang pelabuhan".

Tsunami kini telah menjadi istilah internasional untuk menyatakan gelombang besar luar biasa yang datang menyerang tiba-tiba, menghempas ke pantai dan menimbulkan malapetaka besar. Dalam literatur berbahasa Inggris, tsunami kadang-kadang disebut pula sebagai “tidal wave” dan sering diterjemahkan harfiah sebagai “gelombang pasang”. Istilah ini sebenarnya tidak tepat karena sama sekali tidak mempunyai hubungan dengan pasang surut air laut yang umum, yang ditentukan oleh gaya tarik benda-benda astronomis. Berbeda pula dengan gelombang yang ditimbulkan oleh angin (wine wave) yang hanya menggerakkan air lautbagian teratas. Gelombang tsunami menimbulkan gerak pada seluruh kolom air, dari permukaan hingga ke dasar.  

Apa saja penyebab TSUNAMI ?

Ada tiga penyebab utama timbulnya gelombang tsunami yakni: gempa bawah laut, tanah longsor di dalam atau ke dalam laut, dan letusan gunung api. Tidak semua gempa bawah laut menimbulkan tsunami. Tsunami baru terjadi jika sampai terjadi disalokasi vertikal pada dasar laut, yang biasanya disebabkan  oleh gempa kuat yang sumbernya relatif dangkal. Bila terjadi patahan atau sesar (fault) pada dasar laut, massa batuan dalam jumlah yang sangat besar amblas tiba-tiba, dan seluruh kolom air di atasnya juga ikut serentak jatuh. Akibatnya permukaan laut akan melakukan gerak osilasi naik-turun untuk mencari keseimbangan baru dan timbullah gelombang tsunami yang kemudian merambat ke segala arah dengan energi yang sangat besar. 

penting ngga penting yang jelas nulisss.....

Referensi :
Nontji, A. 2002. Laut Nusantara. Djambatan. Jakarta 

http://bhendjhen.blogspot.com/2011/03/berbagi-sedikit-tentang-tsunami.html 

No comments:

Post a Comment

Komen Maki' ! Gratis ji, tapi jangan pake nama Anonim nah ^_^