Sunday 10 April 2011

Relevansi Disiplin Ilmu (Ilmu Kelautan) Dengan Dunia Perbankan

Sebuah pertanyaan kritis yang tertuju kepada saya beberapa hari yang lalu. “Dimana relevansi disiplin ilmu yang anda miliki (ilmu kelautan) dengan dunia perbankan ?”


 

Dengan memutar otak  720 derajat saya mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Secara umum memang Ilmu kelautan tidak relevan dengan dunia perbankan namun apa yang saya dapatkan dan saya pelajari di ilmu kelautan, ada beberapa yang bisa menunjang untuk masuk bergabung di bidang perbankan.

Di kampus saya (universitas xxx lah) khususnya di jurusan ilmu kelautan banyak mencetak orang-orang yang cerdas. Keahlian dalam hal komputerisasi dan statistik sudah tidak boleh dipandang sebelah mata. Kemampuan dalam berorganisasi juga semakin mapan sehingga memiliki wawasan yang luas. Hal inilah yang menurut saya bisa menunjang ke dunia perbankan.

Saya masih mengingat lelucon dari senior saya sewaktu saya masih maba. Dia bertanya kepada kami. “Kalian tahu tidak kenapa banyak alumni kita yang bekerja di bank ?”  Kami semua menjawab tidak tahu. “Itu karena dari fakultas kita  yang memang mendukung. Kita kan dari FIKP (Fakultas Ilmu Kelautan dan Perbankan)” maaf itu bukan kepanjangan dari FIKP yang sebenarnya. 

Menjalani karir sesuai dengan disiplin ilmu yang kita miliki memang adalah hal yang sangat ideal tapi tidak ada salahnya kalau kita ingin menjalani sesuatu yang baru. Mempunyai semangat dan kemauan untuk belajar. 

Berikut ini adalah beberapa contoh orang-orang yang mempunyai kemauan untuk belajar dan sebagai bukti bahwa anak kelautan memang memiliki wawasan yang luas bisa di tempatkan di bidang mana saja.  (klik namanya anda akan terhubung ke FB-nya masing-masing).

  1. Yakub A. Musa (kla 04) :  Account Officer (BRI)
  2.  Marlina Basri (Kla 05) : Teller (BRI)
  3.  Andi Putri Nurul Jihad (Kla 05) : Teller (Bank Mandiri)
  4.  Syamsuddin (kla 04) : Marketing (DBS Bank)
  5.  Bhendjhen (kla 05) : Teller (Panin Bank)
 khusus untuk yang no.5, mungkin anda akan sangat familiar dengan ketampanannya. hhahaha.....

Relevan atau tidak, tergantung bagaimana kita mejalaninya. 

Wassalam.

http://bhendjhen.blogspot.com/2011/04/relevansi-disiplin-ilmu-ilmu-kelautan.html
 

2 comments:

  1. weitzzz...traktir dulu k pegawai bank ki bela...hehehe..:D

    ReplyDelete
  2. deh sudah puluhan orgmi daftar tunggu, silahkan ambil ki dulu nomor antrian. hahhaha

    ReplyDelete

Komen Maki' ! Gratis ji, tapi jangan pake nama Anonim nah ^_^