Sunday 16 January 2011

Sedikit Tentang Bahasa Makassar

Sumber : facebook Agangs
Untuk kesekian kalinya saya melihat gambar ini di beberapa akun facebook teman saya. Kadang saya tertawa sendiri setelah saya melihat dan membaca tulisannya. Awalnya saya tidak begitu peduli tapi setelah saya membuat sebuah Blog dalam 2 bulan terakhir ini yang tujuan saya ingin sekali membanggakan kota Makassarku yang tercinta ini, saya begitu tergugah untuk memberikan penjelasan dan berbagi pengetahuan kepada teman-teman yang tertarik dengan Makassaar dan budayanya. Salah satunya yaitu tentang bahasa Makassar itu sendiri.

Siapapun yang tertarik dengan Makassar maka dengan senang hati saya akan membantunya. Salah satunya saya memberi penjelasan melalui blog saya ini. Berhubung  sebagian besar isi dari blog yang sangat kurang bermanfaat ini berbahasa Makassar, jadi saya akan menjelaskan sedikit tentang bahasa Makassar dan mungkin itu akan sedikit membantu bagi Agangs yang masih menganggap bahasa Makassar itu seperti bahasa planet.

Di sini saya hanya akan menjelaskan beberapa kata yang sering di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata-kata yang biasa di pakai :

ko : artinya sama dengan kau/anda 

ki : kependekan dari kita' (perhatikan penekanan di belakang), artinya sama dengan Anda
kata ki ini lebih sopan daripada kata ko.

cess : teman

Tongji : sama dengan kata juga tapi sebagai pengikut kata
Contohnya seperti : bagus tongji = bagus juga.
Tapi kalau kalimat seperti : Dia juga ikut serta, tidak bisa diganti dengan : Dia tongji ikut serta.

Na : sama artinya dengan Nya (kepunyaan)
Contoh : Bagus na itu mobil na

Okkots : suatu gaya berbahasa di Makassar dimana terjadi penambahan atau pengurangan huruf G pada kata yang berakhiran N atau NG. Contoh : makan jadi makang, sementara pulang jadi pulan 
(Inilah salah satu dari kasus gambar di atas)

Itulah sedikit penjelasan dari saya. Jadi kalau anda mendapatkan orang Makassar Okkots harap maklum. Tidak ada oran yan sempurna, tapi mungking kami akang berusaha menjadi sempurna.

Wassalam.
http://bhendjhen.blogspot.com/2011/01/sedikit-tentang-bahasa-makassar.html 

3 comments:

Komen Maki' ! Gratis ji, tapi jangan pake nama Anonim nah ^_^