Monday 17 January 2011

Leang Kassi merupakan salah satu tempat jejak prasejarah di kabupaten Pangkep

Jika anda sedang berada di Kabupaten Pangkep dan merupakan salah satu diantara para pecinta situs prasejarah maka anda jangan lupa untuk mengunjungi beberapa situs prasejarah yang terdapat di wilayah Resort Minasate'ne. Di Resort ini terdapat beberapa situs yaitu diantaranya Leang Lompoa, Leang Sakapao dan Leang Kassi. Papan informasi, papan petunjuk, jalan trail dan pagar tanaman merupakan fasilitas pendukung yang ada di situs-situs prasejarah ini. Situs-situs ini juga saling berdekatan.

Berhubung hari ini saya telah berkunjung di salah satu situs tersebut yaitu Leang Kassi maka saya akan berbagi sedikit info tentang Leang Kassi. 

Meskipun Leang Kassi Berada di kaki perbukitan Bulu Matojene namun secara administrasi berada dalam wilayah Kampung Bellae, Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasate’ne. Leang Kassi berada kurang lebih 300 m sebelah timur dari Leang Lompoa, tepatnya pada posisi astronomis 04o50’07.6’’ LS dan 119o35’23.5’’ BT, dan berada pada ketinggian 15 meter dari permukaan laut. Lebar dan Tinggi mulut gua masing-masing 24 m dan 30 m. Sebagian besar lantai gua tertutup oleh bongkahan-bongkahan batu akibat reruntuhan langit-langit gua. Temuan arkeologi yang terdapat pada leang ini terdiri atas lukisan dari dinding gua, artefak batu berupa alat batu serpih bilah dan tatal, serta sampah dapur berupa cangkang mollusca dan arthropoda serta tulang binatang.

Berikut adalah dokumentasi dari kunjungan saya :
Papan petunjuk dari Leang Kassi
Leang Kassi yang terlihat dari kejauhan dan terlihat juga beberapa Papan Informasi

Jalan menuju mulut gua Leang Kassi
 
http://bhendjhen.blogspot.com/2011/01/leang-kassi-merupakan-salah-satu-tempat.html

No comments:

Post a Comment

Komen Maki' ! Gratis ji, tapi jangan pake nama Anonim nah ^_^