Friday 10 December 2010

Poin Penting Hari Ini

Hari ini adalah hari jumat itu artinya saya harus siap-siap untuk melaksanakan ibadah shalat jumat. Sebelum adzan dikumandangkan saya dengan segera bergegas mandi dan memakai pakaian yang layaklah untuk shalat, tak lupa songkok (peci) saya kenakan dan memakai wangi-wangian seperti yang disebutkan pada sabda Rasulullah SAW. Tak lupa memotong kuku lalu kemudian mengambil air wudhu dan segera berjalan ke masjid yang tidak begitu jauh dari rumah saya.

Apakah itu shalat jumat ? sebagian orang hanya melakukannya tanpa mengetahui makna dibalik itu. Shalat jumat bukan hanya karena shalat yang dilaksanakan pada hari jumat. Menurut salah satu situs yang pernah saya kunjungi (1) shalat jumat adalah ibadah shalat yang dikerjakan di hari jum'at dua rakaat secara berjamaah dan dilaksanakan setelah khutbah.  Shalah Jum'at memiliki hukum wajib 'ain bagi laki-laki / pria dewasa beragama islam, merdeka dan menetap di dalam negeri atau tempat tertentu. Jadi bagi para wanita / perempuan, anak-anak, orang sakit dan budak, shalat jumat tidaklah wajib hukumnya.

 Ok next, sampailah saya di masjid yang setiap minggunya saya datangi ini, maklum saya jarang sekali melaksanakan shalat lima waktu berjamaah di masjid ini, mungkin iman saya masih belum begitu kuat sehingga saya masih lebih sering melaksanakan shalat lima waktu di rumah. Memasuki halaman masjid dan mengatur tempat sendal yang telah disediakan lalu naik ke lantai 2 masjid untuk mendengarkan ceramah yang sebentar lagi dimulai. Setelah shalat tahiyyatul masjid sayapun mendengarkan dengan seksama khotbah jumat. Duduk di barisan saf hampir paling depan membuat saya sangat jelas mendengarkan suara dan wajah penceramah. Dari Ceramah yang saya dengarkan ada beberapa poin penting yang dapat saya petik, yaitu : jangan menunda-nunda waktu untuk berbuat kebaikan dan tanamkan rasa ikhlas di dalam hati ini, semua ini milik Allah, semua ini dari-Nya dan akan kembali kepada-Nya pula, dan poin yang terakhir yaitu sampaikanlah walau satu ayat.

Sebagai follow up dari ceramah yang saya dengarkan tadi ada satu ayat yang akan saya sampaikan yaitu (Al An’am 162):



qul inna shalaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillaahi rabbi al'aalamiina

Artinya : “Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (2)

Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. Seorang tidak dianggap beragama dengan benar jika tidak ikhlas. Dalam hal ini saya tidak bermaksud untuk menggurui tapi untuk saling mengingatkan. Tidak ada manusia yang luput dari dosa.  Semoga membawa manfaat.  


referensi :
(1)  http://organisasi.org/pengertian-shalat-jumat-hukum-syarat-ketentuan-hikmah-dan-sunah-solat-jumat
(2) http://www.dudung.net/quran-online/indonesia/6/160 

 

No comments:

Post a Comment

Komen Maki' ! Gratis ji, tapi jangan pake nama Anonim nah ^_^