Tuesday 7 December 2010

Tradisi 1 Muharram

Sehabis shalat subuh suasana di rumah ini tidak seperti biasanya. Saya yang telat bangun wudhu untuk shalat subuh, kira-kira hampir jam setengah enam merasakan keanehan. Kamar mandi yang biasanya sudah dipakai di jam segini terlihat kosong, kok tumben yah biasanya sudah ada adik saya yg ketiga (ancha) yang sekarang telah duduk di bangku kelas 1 di salah satu SMK Negeri di Makassar mandi duluan, terus adik saya yang kedua (anty) yang sekarang duduk di bangku kelas tiga di salah satu SMK Kesehatan swasta di Makassar  sudah ada jadi daftar tunggu, belum lagi adik saya yang pertama (Anhy) yang yang kata orang dia lebih sukses daripada saya yang saat ini telah bekerja di salah satu instansi pemerintah itu sering ngomel sendiri di depan kamar mandi gara-gara takut telat masuk kantor. Sebenarnya di rumah kami ada 2 kamar mandi tapi yang satu itu milik bos jadi tidak boleh diganggu gugat.
Sehabis shalat subuh saya melihat mama saya di dapur dan menanyakan rasa penasaran saya. “ma’ kenapa nda apa pi yang bangun ? Setengah enam mi lewat inie…” tanyaku. “Kan tanggal merah to ? 1 Muharram inie..! jawab mamaku sambil mengaduk-aduk sesuatu di pancinya.
Percakapan kami sangat panjang dan membahas topik tentang my xgirlfriend jadi saya tidak akan menceritakannya, Intinya sebenarnya yaitu hari ini adalah  1 muharram yang merupakan tahun baru islam. Nah sebagai tradisi di keluarga kami, setiap hari raya ini mama saya membuat bubur kacang hijau, katanya sih kita harus makan yang manis-manis pada tanggal ini sampai 9 muharram karena pada waktu itu terjadi peperangan. Hubungannya dimana antara makanan yang manis dengan perang ? Masih bingung juga tapi  whatever lah yang jelas makan. Terus satu lagi yang kami lakukan di 1 Muharram ini yaitu tidak boleh bepergian  keluar rumah (tapi kalau ke rumah tetanggga boleh kok, hehehehe).

Ini dia nich masakan ala chef Lia (my mom) bubur kacang ijo special 1 muharram, bubur kacang ijo yang dicampur potongan pisang dan ditambah santan sedikit. enyak,,,enyak…..!
  

Selamat Tahun baru Islam yah....   1 Muharram 1432 Hijriah !




 

No comments:

Post a Comment

Komen Maki' ! Gratis ji, tapi jangan pake nama Anonim nah ^_^