Monday 20 December 2010

Review INDONESIA vs PHILIPINA

Malam ini saya sangat senang dan bangga buat tim nasional kesebelasan Indonesia yang memenangkan pertandingan semi final di leg kedua melawan tim kesebelasan Philipina pada ajang Piala AFF Suzuki Cup 2010 dengan skor yang tipis yaitu 1 - 0. Walaupun hanya menonton dari layar kaca di rumah bersama teman-teman tapi saya tetap bersemangat untuk menontonnya. Ditemani bersama beberapa gelas susu dan gorengan mampu menghilangkan kekecewaan saya malam ini yang tidak jadi keluar nonton bareng karena agak kurang enak badan.

Kali ini saya akan sedikit me-riview jalannya pertandingan tadi yang begitu seru bagi saya, mungkin ini akan bermanfaat bagi agangs yang tadi tidak sempat menonton pertandingan ke dua negara itu.

OK langsung saja dan inilah analisa pertandingan versi saya….!

Sejak dimulai kick off dari babak pertama kedua kesebelasan saling menyerang walaupun jika dilihat dari segi ball possesion (penguasaan bola) timnas Indonesia lebih unggul dari timnas Philipina. Beberapa peluang yang diciptakan oleh para pemain Indonesia sejak di menit awal. Salah satu striker Indonesia yang merupakan pemain naturalisasi yang dulunya berkebangsaan Uruguay, Cristian Gonzales yang biasa dipanggil dengan julukan El Loco ini beberapa kali mengancam gawang Philipina yang dijaga oleh Neil Leonard Dula Etheridge yang merupakan kiper ketiga dari tim Fulham salah satu tim Priemer Liga Inggris.

el loco lagi mencoba mencetak gol ke gawang Philipina (sumber : google images)

Dengan beberapa kali peluang akhirnya timnas Indonesia mampu merobek gawang Etheridge di menit ke 43 melalui tendangan keras bomber Indonesia El Loco dari luar kotak penalti dan merubah kedudukan menjadi 1-0. Gol yang dicetak oleh El Loco merupakan golnya yang ketiga selama piala AFF ini berlangsung dan menempatkan dirinya di posisi pertama untuk sementara sebagai top scorer (pencetak gol terbanyak). El Loco tidak begitu kesulitan yang pada pertandingan ini diduetkan oleh Yongki Ari Bowo sebagai starter yang menggantikan Irfan Bachdim yang merupakan juga pemain naturalisasi kebangsaan Belanda namun masih memiliki darah Indonesia yang dikabarkan lagi cidera ringan. 
Sampai turun minum kedudukan 1-0 untuk kemenangan Indonesia tidak berubah.

Memasuki babak kedua, suasana makin menegangkan. Kedua kesebelasan tetap saling menyerang. Tentunya di babak kedua ini kesebelasan Philipina yang di bawah asuhan Simon Mc Menemy ini harus memenangkan pertandingan yang sebelumnya di leg pertama dikalah 1-0. Permainan Philipina bermain semakin terbuka karena mencoba untuk menyerang dan sesekali membahayakan gawang Indonesia yang digawangi oleh Markus Horison. Striker Phipilina selalu saja mencari celah untuk menciptakan gol namun Younghusband bersaudara (Philip dan James Younghusband) tidak dapat berkutik di bawah kawalan Maman Abdul Rahman dan Hamka Hamzah.

Di menit ke-84 Alfred Riedel memasukkan Arif Suyono yang merupakan gelandang timnas yang telah menciptakan 2 gol menggantikan Oktovianus Maniani yang begitu lincah dengan postur tubuh yang mungil dengan tinggi 163 cm yang sering mengacaukan pertahanan Philipina. Baru beberapa menit memasuki lapangan Arif nyaris mencetak gol dengan sundulannya ke gawang Philipina melalui sepak pojok yang dieksekusi oleh sang Kapten Firman Utina. Pada menit 87 pemain Philipina semakin frustasi setelah wasit memberikan kartu kuning untuk kedua kalinya kepada Greatwich yang berarti harus mendapatkan kartu merah dan harus keluar dari lapangan pertandingan. Kartu kuning kedua yang diberikan kepada Greatwich yang berujung menjadi kartu merah akibat telah menendang dengan sangat keras kaki Markus Horison. Di masa Injury time  El Loco ditarik keluar lapangan digantikan oleh Bambang Pamungkas dan tidak lama kemudian peluit panjang dibunyikan dan skor tetap 1-0 untuk kemenangan Indonesia. Indonesia berhasil memasuki babak Final dengan aggregat 2-0 dari Philipina dimana akan berhadapan dengan kesebelasan Malaysia yang lebih duluan mendapatkan tiket ke Final setelah mengalahkan kesebelasan Vietnam.

Mungkin itu  sedikit analisa saya dari pertandingan tadi, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.
Ok Agangs…..

Thanks For Reading
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Komen Maki' ! Gratis ji, tapi jangan pake nama Anonim nah ^_^